Pentingnya mengetahui Penghalang-Penghalang dalam menuntut ilmu |Catatan 01 Kajian Kitab Awaiq Ath Thalab

Pentingnya mengetahui Penghalang-Penghalang dalam menuntut ilmu

Bismillahirrahmaanirrahiim,
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين و بعد

kita masuk pembahasan kitab dengan judul

عوائـق الطلب
(Awaiq Ath Thalab)

yang disusun oleh Syaikh Abdul Salam bin Barjas bin Nasir Ali Abdul karim hafizahullah ta’ala

عوائـق itu artinya kendala / halangan / rintangan

الطلب maknanya طلب العلم (mencari ilmu)

Jadi makna Awaiq Ath Thalab adalah beberapa kendala yang sering dialami oleh para pencari ilmu

Kita tahu sarana dan prasarana para ulama zaman dahulu sangat minim, tapi kita lihat kitab-kitab karangan para ulama, luar biasa dahsyatnya. Tidak ada seorang pun ulama zaman sekarang yang bisa menandingi hasil karaya ulama-ulama terdahulu.

Satu ulama, dengan usia hanya puluhan tahun. Bisa menghasilkan hasil karya tulis lebih dari 500 judul. Bayangkan umpamanya Syaikul Islam Ibnu Taimiyah kitab karangan yang sudah ditemukan sekitar 500 judul satu judulnya entah berapa puluh jilid, satu jilidnya ratusan halaman.

Majhul Fatawa susunan Syaikul Islam 37 jilid dan itu belum seluruhnya. Imam Ibnu Hajar rahimahullah ta’ala kitab karangan yang sudah ditemukan baru sekitar 80 judul kitab. Salah satu kitab yang fenomenal yaitu Fathul Bari’ Syarah Shahih Bukhari sebanyak 13 jilid yang satu jilidnya lebih dari 500 halaman rata-rata.

Kalo umpamanya usia syaikhul islam hanya sekitar 50 tahunan tapi bisa menghasilkan lebih dari 500 judul karangan berarti dalam satu bulan berapa karya yang beliau hasilkan padahal beliau  orang yang super sibuk. Sibuk berdakwah, sibuk mengajar, sibuk juga berperang dan seterusnya bahkan juga sibuk dipenjara.

Kenapa ulama-ulama zaman dahulu dengan saran prasarana yang super minim menghasilkan karya tulis ilmiyah yang luar biasa sementara manusia-manusia zaman sekarang tidak ada yang menyamai karya ulama – ulama terdahulu?

Salah satunya adalah keberkahan ilmu. Orang-orang zaman dahulu ilmunya berkah, orang-orang zaman sekarang umumnya tidak berkah.

Salah satu diantara penyebab hilangnya berkah ilmu adalah banyaknya عوائـق  kendala-kendala yang menghalangi keberkahan ilmu

Akibatnya ilmu yang diperoleh hanya sedikit, ilmu yang sedikit yang diperoleh ini dipahaminya juga sedikit, kadang-kadang keliru didalam memahaminya. Untuk itulah maka sebagai para penuntut ilmu wajib kita mengetahui kendala-kendala didalam mencari ilmu untuk kita hindarkan.

ya cukup sampai disini saja dulu

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Materi ini merupakan Catatan penulis hasil mendengarkan kuliah online TSL (Tarbiyah Sunnah Learning) Kitab Awaiq Ath Thalab Materi 01 – Pendahuluan “pentingnya mengetahui penghalang-penghalang dalam menuntut ilmu” yang disampaikan oleh Ustadz Abu Haidar As-sundawy hafizahullah

Insyallah pada pertemuan selanjutnya akan lanjut ke Materi 02 – Penghalang pertama Menuntut Ilmu yaitu bukan karena Allah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.